Results 1 to 1 of 1

Thread: Cara menghindarkan Kecelakaan Pada mesin, Sekaligus Cara Merawatnya

  1. #1

    Lightbulb Cara menghindarkan Kecelakaan Pada mesin, Sekaligus Cara Merawatnya

    OSHA (The Occupational Safety and Health Administration) merupakan lembaga internasional yang memperhatikan keselamatan konsumen, telah memberikan beberapa tips-tips aman dalam hal pengoperasian genset. Portabel genset sangat populer di Indonesia karena kisaran harga yang lebih murah. Portabel genset memakai bahan bakar bensin maupun solar. Terdapat juga model portabel genset dengan suara rendah (silent) dan memakai starter elektrik.

    Bukan hanya di Indonesia saja tentunya yang hanya menjual mesin genset berkualitas, melainkan negara-negara lain juga sudah bergerak untuk memasarkan produknya. Untuk yang jual genset saat ini diperkirakan mencapai 75 persen pemain.



    Pada umumnya terdapat dua jenis genset yang paling sering digunakan untuk rumah tangga yaitu portabel genset dan standby genset. Standby genset adalah jenis genset khusus rumah tangga yang dipasang secara permanen. Genset ini berfungsi dan bekerja secara otomatis ketika listrik padam.Saat listrik mulai menyala, genset rumah tangga ini otomatis off dengan sendirinya. Bahan bakar genset rumah tangga ini umumnya menggunakan bahan bakar gas. Namun sayangnya model genset ini belum banyak pemasarannya di Indonesia.

    Namun tahukah anda? Genset ini juga memiliki resiko kecelakaan yang tinggu pula bila tidak diperhatikan cara penggunaannya. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan genset dengan benar sebelum membeli genset. Hindari menghubungkan secara langsung ke kabel rumah, akan mengakibatkan aliran listrik di rumah anda meningkat menjadi ribuan Volt. Hal ini disebut fenomena “Backfeed”. Langkah aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat mengoperasikan generator adalah berkonsultasilah kepada ahlinya.Tempatkan genset pada ruang terbuka, karena hal ini penting untuk menghindari karbon monoksida yang berasal dari generator untuk masuk ke dalam rumah. Selain itu perhatikan pula instalasi kabel kawat sebagai grounding pada generator anda. Agar anda tidak tersengat listrik yang berasal dari generator.



    Gunakan stabilizer bensin pada generator anda, agar dapat menggunakannya saat generator anda tidak dipakai dalam waktu yang lama. Selain itu pemilihan bensin dengan kualitas terbaik juga perlu untuk di perhatikan. Gunakanlah genset setidaknya satu kali dalam tempo satu bulan dalam kurun waktu beberapa menit agar generator anda selalu siap untuk di gunakan. Jangan lupa juga untuk mengisi baterai genset, agar sewaktu-waktu digunakan genset anda dapat bekerja maksimal.

    Mungkin untuk sementara cukup sampai disini penjelasan cara merawat mesin genset. semoga tidak ada kesalahan kembali tanpa harus merasakan segala macam akibat. Terimakasih.
    Last edited by RatuGenset; 06-16-2016 at 11:46 PM.

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •