Sasaran usaha kopi lumayan Berpotensi. Dari kalangan anak muda yang hobi nongkrong, eksekutif kantor, masyarakat kaya,

kebanyakan dari mereka cukup senang untuk menikmati kopi sambil mendiskusikan kegiatan mereka. Saat ini telah banyak jenis kopi yang beredar di masyarakat, misalnya saja green coffee yang merupakan kopi yang diperuntukan khusus anda yang ingin menurunkan berat badan.

Jika Anda kesulitan mendapatkan produk ini, tenang saja karena kami distributor terbesar yang jual green coffee di Indoensia.

Kelompok ekonomi ke bawah seperti tukang becak serta pegawai biasa juga hobi minum kopi sambil mengobrolkan hal yang mereka inginkan, contohnya tema pertandingan bola.
Sedikitnya terdapat sebelas tahapan yang sebaiknya anda pikirkan untuk memasuki bisnis kopi.

Perhatikan dengan seksama 11 capaian berikut.
1. Target Pasar

Anda sebaiknya memikirkan dengan baik siapa sasaran pasar anda.

Siapa sasaran utama bisnis kopi ini?.

Berapa pendapatannya?.

Bagaimana pemikiran mereka berkenaan dengan cita rasa suatu kopi?.

Golongan apa saja mereka?.

Anak kuliah, buruh bangunan, pemuda tongkrongan yang suka rapat di angkringan, eksekutif perusahaan, atau golongan penggemar kopi?.
Memahami konsumen sangat mempermudah anda dalam merencanakan langkah yang akan dilaksanakan.

Contohnya lokasi yang sesuai, dan harga yang layak bagi kopi anda.

Jika biaya yang anda miliki terbatas namun target konsumen anda adalah kelas menengah ke atas, anda dapat mencari sahabat atau investor yang bisa mensuplai usaha kopi anda.

Langkah mudah mendapatkan donatur adalah dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan lomba bisnis plan yang diadakan oleh banyak organisasi.

Jika menang, anda bisa mendapatkan pembiayaan secara gratis.
2. Tempat Usaha Kopi

Anda wajib menentukan lokasi yang paling strategis untuk memulai bisnis kopi.

Lokasi adalah faktor keberhasilan dalam proses usaha.

Seumpamanya saja anda ingin menerapkan strategi kedai kopi sederhana, maka anda menggunakan tempat yang berdekatan dengan masyarakat ramai.
Begitu pun jika anda mau menentukan strategi bisnis kopi dengan kafe. Ada baiknya untuk memilih lokasi yang berdekatan dengan kampus, supermarket, sekolahan, perkantoran, dan lain sebagainya.

Jangan membuat warung kopi mewah di wilayah pasar tradisional yang cukup kumuh, target konsumen anda sulit akan tertarik pada kopi tersebut disebabkan ongkosnya mahal.
Demikian juga, baiknya jangan memulai bisnis kopi kecil-kecilan di tengah kota.

Orang yang berada di sekitar situ tidak akan tertarik untuk melihat warung kopi anda.
3. Mancari Supplier

Ini ialah hal yang penting, yang biasa di anggap kurang penting.

Apabila anda menjual kopi untuk target pasar kelas ekonomi bawah. Anda tidak perlu kawatir mencari supplier, di pasar tradisional cukup banyak penjual kopi.
Berbeda lagi apabila sasaran anda ialah kelas menengah ke atas. Jika anda berencana mendapatkan penghasilan jutaan perhari, anda bisa menarget pasar kopi ini.

Mereka tidak merasa berat membayar besar, oleh karena itu konsumen anda layak menikmati kopi terbaik yang pernah ada.

Anda dapat saja berkelana ke banyak tempat untuk menemukan kopi yang tepat.

Lakukanlah, yang demikian ialah biaya riset yang harus anda usahakan.
4. Rancangan Bisnis

Strategi pertama untuk bisnis kopi sangatlah diperlukan sebagai pondasi keberhasilan usaha kopi yang akan anda geluti.

Dengan berlandaskan konsep yang bagus, maka anda akan ringan di saat mengelola bisnis kopi ini.

Aroma kopi yang nikmat memang sangat melekat pada individu kebanyakan orang secara merata, anda pun dapat merancang perencanaan usaha kopi ini.
5. Manfaat Kopi

Sangatlah banyak manfaat kopi yang bagus untuk kesehatan. Seperti pencegah berbagai penyakit, yaitu kanker, jantung, kolesterol, migrain, dll.

Wawasan baiknya anda kuasai agar lebih mengenal bagian positif dari kopi ini, dengan aroma berbeda, kopi akan menjadi favorit untuk masyarakat.
6. Pilihan Kopi

Tidak kalah penting bagi anda menjalankan usaha kopi dengan merancang menu ragam kopi yang anda sajikan.

Adanya macam-macam jenis kopi, maka akan memiliki makna unik mengenai bisnis kopi anda.

Contohnya dengan menggunakan menu kopi yang dilengkapi berbagai jenis rasa, hal ini akan menambahkan sensasi yang lezat apabila anda menambahkan menu kopi dengan rasa tramisu.
7. Anak buah

Anak buah pun mempengaruhi arah bisnis anda, oleh karena itu tidak akan ada salahnya bila anda menentukan pegawai yang tidak jauh dengan kehidupan anda atau mereka yang dianggap mempunyai ikatan rekan dengan anda.
Faktor tersebut akan berpengaruh kematangan, dan potensi diri mereka. Demikian juga dengan strategi untuk karyawan pun baiknya anda hadirkan.

Dengan strategi karyawan yang tepat, misalnya pakaian serta bentuk keramahan pada konsumen, hal tersebut akan memberikan nilai tersendiri dari para pembeli pada usaha kopi anda.
8. Perizinan Usaha

Izin usaha sangat urgen untuk menentukan keresmian usaha yang anda jalankan.

Perlu anda ketahui, dengan perizinan, maka anda bakal semakin mudah di dalam melaksanakan atau membesarkan bisnis kopi anda.
9. Servis Memuaskan

Senantiasa memberikan pelayanan segar dan memuaskan akan sangat menentukan anda ketika menekuni bisnis.

Ini tentu menjadi sisi positif yang sangat susah untuk didapatkan oleh pembeli dari usaha kopi lainnya.

Usahakan bisnis kopi anda sebagai suatu bisnis yang memiliki etika, sebab ini akan menyebabkan timbal balik yang luar biasa dari para konsumen.

Ditambah servis yang baik dan menyenangkan, anda juga harus mementingkan kebersihan dari tempat yang anda gunakan sebagai usaha kopi tersebut.
10. Konsep Ampuh

Bukan masalah jika anda mempunyai strategi sampingan untuk menjalankan usaha kopi anda.

Contohnya dengan melengkapinya dengan bermacam-macam menu hidangan yang nikmat sebagai sahabat di saat meminum kopi. Jika demikian pelanggan bakal merasa dimanjakan menggunakan pelayanan yang baik.
11. Strategi Penjualan

Anda mampu melakukan teknik online atau non online.

Bila anda telah melaksanakan konsep bisnis offline, maka anda dapat menggunakan sosial media untuk mempromosikan bisnis kopi anda dengan cara online.

Jadi akan bertambah banyak yang mengenal usaha kopi yang sedang anda jalankan.